13 Agustus 2019

Rombong Sodaqoh Jum'at, Semangat Berbagi Dari Ujung Timur Balikpapan


Masjid Nurul Yaqin, Gunung Tembak-Teritip (Dok. Pribadi)

Siang itu, disuatu hari yang menjadi penghulu dari segala hari atau pada hari Jum'at yang mulia nampak kesibukan sudah mulai terlihat disuatu sudut pertigaan jalan. Selepas ibadah sholat Jum'at, saat sang imam baru saja mengucapkan salam pertanda Ibadah sholat Jum'at telah berakhir anak-anak mulai ramai meninggalkan dan berhamburan dari shaf-shaf sholat mereka.

Anak-anak menyeberangi jalan menuju pertigaan ketempat dimana terdapat deretan rombong yang menyediakan beberapa jenis aneka makanan dan minuman untuk mereka ambil. Deretan rombong tersebut bernama "Rombong Sodaqoh Jumat" yang di kelola oleh beberapa warga sekitar untuk menyediakan makanan dan minuman selepat sholat jumat yang dilaksanakan Masjid Nurul Yaqin, daerah Gunung Tembak Kelurahan Teritip.

Rombong Sodaqoh Jum'at (Sumber: https://web.facebook.com/blacker.liz)

Kegiatan Rombong Sodaqoh Jumat ini berawal dari kepedulian warga sekitar untuk meramaikan serta membagi kebahagian dihari jum'at, dimana banyak sekali faedah yang didapatkan dari kegiatan yang sarat dengan nilai ibadah ini. Wajah-wajah ceria juga terlihat diraut wajah ibu-ibu muda yang membagiakan paket makanan dan minuman kepada anak-anak selepas ibadah sholat jum'at ini. Bukan hanya anak-anak ternyata yang ikut antri untuk mendapatkan paket tersebut, nampak juga orang-orang dewasa dan bahkan orang tua yang ikut mengantri untuk mendapatkannya. Mereka dengan wajah bahagia sembari sabar untuk mendapatkan paket makanan tersebut sesuai dengan seleranya, mungkin karena saat ini ada beberapa jenis makanan yang bisa mereka pilih untuk dibawa pulang kerumah.


Semua berbahagia dengan berbagi (Dok. Pribadi)

Anak-anak sendiri terlihat sangat bersemangat dalam merebutkan makanan atau minuman kali ini tak ketinggalan mereka bahkan berebutan dengan teman sendiri uantuk mendapatkan paket makanan tersebut lebih cepat. Bisa saja itu adalah nilai lebih bagi mereka ketika bisa mendapatkan makanan atau minuman lebih cepat dari rekan seumuran mereka, bahkan tak jarang mereka minta double padahal mereka telah mendapatkannya. "Biarlah, namanya juga anak-anak".

Sumbangan makanan dan minuman semuanya didapatkan dari para dermawan warga sekitar yang memberikannya dengan sukarela, lalu dikemas ulang kedalam plastik-plastik dengan ukuran yang berbeda, jika sumbangan tersebut harus dikemas ulang. Rombong Sodaqoh Jum'at sendiri telah cukup lama berdiri dalam memberikan pelayanannya kepada jamaah Masjid Nurul Yaqin. Awal berdirinya menempati area bagian depan masjid, lalu berpindah ke seberang masjid mungkin seiring dengan bertambahnya sumbangan para dermawan dan efisiensi waktu serta tempat sehingga lokasi rombong dipindahkan keseberang masjid.

Relawan Rombong Sodaqoh Jum'at (Dok. Pribadi)

Melihat keceriaan dan kebahagian diwajah para jamaah masjid akan kehadiran Rombong Sodaqoh jum'at ini saya sendiri berharap kedepannya kegiatan ini agar tetap bisa dipertahankan dan selalu ada disepajang waktu. Pastinya segala kendala dalam kegiatan memberikan pelayanan ini akan selalu ada dan berharap para dermawan bisa terus bertambah, bukan soal nilai dan besarnya bantuan yang diberikan dalam mengisi Rombong Sodaqoh Jum'at ini yang terpenting adalah keberlanjutan kegiatan yang sangat bernilai ini. Salut kepada mereka para relawan pejuang Rombong Sodaqoh Jum'at, sehat selalu agar dapat terus bisa  memberikan pelayanan yang luar biasa ini.



2 komentar: