Mata, Hati dan Pikiran. Catatan-Mataharian adalah sebuah kesimpulan dari Mata, hati dan pikiran dalam keseharian.

Sep 28, 2019

Ternyata, Di Balikpapan Cukup Membawa E-KTP Untuk Menjadi Anggota Perpustakaan


“Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya; maka pastilah bangsa itu akan musnah.” (Milan Kuldera)


Perpustakaan  Daerah Kota Balikapapan (dok. pribadi)
Selasa (24/9), saya berkesempatan untuk mengunjungi perpustakaan daerah Kota Balikpapan yang berada di Jalan Kapten Piere Tendean 1, Kota Balikpapan. Sudah sejak lama saya ingin singgah untuk melihat keadaan di bagian dalam bangunan perpustakaan tersebut, selama perubahan bangunan baru tersebut saya belum pernah sekali pun memasuki bangunan perpustakaan Kota Balikpapan ini.

Memasuki bagian depan pintu utama sebelah kanan terdapat layanan pendaftaran bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota baru dengan menggunakan sistem komputerisasi, layanan tersebut berupa sistem pendaftaran bagi yang ingin menjadi anggota baru di perpustakaan daerah Kota Balikpapan. Layanan yang cepat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya yang baru pertama kali ke perpustakaan ini. Saya cukup menyiapkan E-KTP Kota Balikpapan dan memasukkan data yang diinginkan ke layar komputer tersebut dan tentunya data harus sesuai dengan yang tertera pada E-KTP saya. 

Layanan Komputerisasi pendaftaran anggota baru perpustakaan daerah Kota Balikpapan (dok. pribadi)
Bagaimana jika pendaftar belum memiliki E-KTP ternyata tetap bisa menjadi anggota perpustakaan ini dengan menggunakan fotocopy Kartu Keluarga (KK) Kota Balikpapan, ini diperuntukkan bagi warga yang belum sampai syarat untuk memiliki E-KTP tadi. Lalu bagaimana jika yang ingin mendaftar menjadi anggota perpustakaan Kota Balikpapan tapi bukan dari warga Kota Balikpapan sendiri, misalnya mahasiswa dari luar Kota Balikpapan? Dari penelusuran informasi Perpustakaan Balikapapan masih bisa mendaftar dengan syarat telah adanya kerjasama antara universitas tempat mereka kuliah dengan perpustakaan Kota Balikpapan itu sendiri. 

Selesai memasukkan data diri dari komputer tersebut saya langsung ke meja petugas lainnya untuk mengambil foto diri yang akan di masukkan ke dalam kartu anggota perpustakaan baru dan langsung dicetak saat itu juga, jika dihitung-hitung dari mulai proses memasukkan data, pengambilan foto diri sampai percetakaan kartu tidak memakan waktu sampai 10 menit, sangat cepat ternyata. Dan lebih penting lagi, semua proses pembuatan kartu anggota di perpustakaan Kota Balikapapan ini semuanya tanpa dipungut biaya, alias gratis

Pelayanan Yang cepat di perpustakaan daerah kota Balikpapan (dok. pribadi)
Pelayanan yang cepat serta inovasi-inovasi dalam hal pelayanan memang sudah seharusnya dilakukan oleh Perpustakaan Kota Balikpapan, mengingat percepatan dunia informasi dan teknologi sekarang ini. Kecepatan dalam hal pelayanan menjadikan saya merasa senang untuk menikmati setiap layanan yang disediakan oleh perpustakaan Kota Balikpapan.

Bangunan yang besar dan nyaman dengan penambahan beberapa fasilitas pelengkap di sekitarnya menjadikan perpustakaan ini bisa menjadi rujukan bagi warga kota yang ingin menikmati fasilitas peminjaman buku dan beberapa layanan lainnya. Saya juga mencari informasi tambahan di laman situs Perpustakaan Kota Balikpapan guna mencari informasi tambahan yang luput dari pandangan saya di hari itu, dan ternyata ada beberapa fasilitas penunjang lainnya, selain layanan peminjaman buku. Di bawah ini ada beberapa fasilitas yang juga menarik untuk dinikmati berdasarkan informasi dari laman situs perpustakaan daerah Kota Balikpapan tersebut, yaitu:
1. Fasilitas Perpustakaan
- Ruang Layanan Koleksi Anak-Anak 
- Ruang Layanan Koleksi Umum 
- Ruang Layanan Koleksi Referensi 
- Pojok Layanan Koleksi Braille 
- Ruang Terbitan Berkala (majalah dan Koran) 
- Ruang Baca dan Ruang Diskusi yang luas dan nyaman 
- Ruang Layanan Koleksi Digital dan Layanan IT (koleksi CD/VCD, akses internet) 
- Ruang Audio/Visual untuk pemutaran film VCD/DVD 
- Armada Mobil Perpustakaan Keliling 
2. Fasilitas Kearsipan
- Ruang roll o'pack 
- Balikpapan Planning Galery 
3. Fasilitas Umum Lainnya  
- Akses internet gratis 
- Musholla dan toilet 
- Ruang pertemuan 
- Ruang laktasi 
- Akses bagi penyandang difabel 
- Gazebo 

Jadwal layana perpustakaan daerah Kota Balikpapan (sumber: http://dispustakar.balikpapan.go.id/content/11/jadwal-pelayanan)
Fasilitas berupa taman juga  terdapat di area belakang gedung dan dilengkapi pula dengan beberapa gazebo didalamnya menjadi daya tarik tersendiri, kita bisa membaca dengan santai, berselancar di dunia internet atau sekedar berdiskusi sambil menikmati udara yang sejuk disekitarnya. Tapi terlebih dahulu kita men-scan kartu anggota kita di area depan layanan sebelumnya untuk mendata jumlah kunjungan ke perpustakaan daerah Kota Balikpapan ini. 


Taman di bagian belakang gedung perpustakaan daerah Kota Balikpapan (dok. pribadi)
Semoga dengan inovasi yang terus dilakukan serta pelayanan yang cepat selama ini mampu membuat minat masyarakat kota ini untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat dan juga tingkat literasi masyarakat akan semakin meningkat pula. Bukankah kemajuan sebuah kota juga bisa dilihat dari tingginya minat baca warganya. Dalam hal ini Pemerintah kota telah memberikan pelayanan yang maksimal dalam hal penyediaan buku-buku yang bagus dan bermutu. Terimakasih 

Salam Literasi.

 







Share:

2 comments:

  1. kalau di Samarinda bagaimana pak? dulu sempat perpus ini buka full day. Malam2 bisa santai di sini, enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa bulan lalu ke perpus prov layanan masih buka sampai malam juga. bedanya hanya di taman belakang perpusnya,..hehehe.

      Delete

Wikipedia

Search results

Terjemahan

Total Pageviews

Berlangganan Lewat Email

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *